Merancang Website Company Profile

Langkah-Langkah Merancang Website Company Profile yang Bagus

Adanya sebuah website memiliki pengaruh yang cukup penting bagi sebuah perusahaan sebagai langkah membangun brand. Selain itu, website perusahaan juga bertujuan memberikan informasi mengenai produk, layananan dan profil perusahaan itu sendiri. Dengan demikian, sebagai pengusaha anda tentu tak mau menyia-nyiakan kesempatan meraih pengunjung secara online. Maka dari itu gunakan lah jasa web developer yang memang mahir di bidangnya, karena website akan menjadi identitas dari bisnis anda. Sebelum menggunakan jasa web developer, anda perlu mengetahui beberapa tips merancang website company profile yang bagus berikut ini.

Membuat Website Company Profile

Tips Membuat Website Company Profile untuk Bisnis Anda

1. Memilih Nama Domain dan Hosting yang Tepat

Step pertama yang perlu dilakukan untuk membangun website company profile yang baik yaitu menentukan nama domain dan hosting. Memang terdengar umum ketika sebuah perusahaan menggunakan nama domain yang sama dengan nama bisnisnya. Sebaiknya tentukan nama domain yang menyertakan frasa teks yang diinginkan dan sesuai dengan bisnis yang anda jalankan. Namun hindari menggunakan nama domain yang menyimpang jauh dengan nama bisnis anda. Pastikan juga domain anda memiliki ekstensi yang sesuai seperti com, net, id, dsb.

Sedangkan dalam memilih hosting sebaiknya anda menggunakan penyedia jasa yang terpercaya guna melengkapi nama domain anda. Pada shared hosting yang baik akan memliki performa up time di atas 99% dan page load di bawah 1 detik. Bahkan jika itu dirasa kurang, anda dapat memilih paket hosting berjenis VPS (Virtual Private Server) yang akan membuat website anda terasa lebih cepat lagi. Pastikan juga hosting anda memiliki control panel yang di dalamnya mempunyai fitur yang memudahkan anda dalam mengintegrasikan SSL (Secure Socket Layer) agar keamanan website anda lebih terjamin.

Baca juga: 6 Jenis Ekstensi Domain yang Paling Sering Dipakai.

2. Menentukan CMS Terbaik

Dahulu kala membuat website menjadi pekerjaan yang sangat rumit, karena harus berhadapan dengan bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, dan Java Script. Namun di era sekarang ini banyak platform yang akan memudahkan pekerjaan anda dalam membangun sebuah website seperti Joomla, WordPress, dan Drupal. Maksud memudahkan di sini bukan berarti anda tak perlu memiliki kemampuan bahasa pemrograman sama sekali. Karena ada kalanya kita harus sedikit mengerti kode-kode tersebut agar website kita terlihat lebih unik ketimbang website lainnya. Untuk CMS (Content Management System) banyak orang lebih suka dengan WordPress karena terasa lebih simpel dan fleksibel.

3. Memilih Desain Sesuai Kebutuhan

Pemilihan desain atau template pada sebuah website menjadi salah satu faktor yang harus kita perhatikan, karena kebutuhan suatu website tentu berbeda dengan website lainnya. Misalnya website agen wisata, tentunya secara desain pun akan berbeda dengan website kontraktor. Selanjutnya gunakanlah desain yang menarik, akan tetapi anda harus tetap memperhatikan kecepatan website, jangan karena anda hanya mementingkan desain, akhirnya website anda terasa berat untuk dapat diakses oleh pengunjung.

Tidak bisa dipungkiri jika pemilihan warna akan berdampak pada penilain pengunjung terhadap profesionalitas perusahaan anda. Maka dari itu, sebaiknya gunakan warna dan visual yang lebih menarik serta image yang lebih ceria. Anda bisa menyesuaikan warna dengan logo dari bisnis anda. Dengan memadukan warna yang elegan akan membuat website anda lebih konservatif. Begitu juga dalam memilih font, pilihlah font yang elegan, yang dapat mewakili citra usaha anda. Selain itu, pilihlah font yang dapat membuat pengunjung betah membaca artikel-artikel dalam website anda. Beberapa font yang baik menurut kami adalah Verdana, Arial, Calibri, dan Raleway.

Masih berhubungan dengan desain, buatlah website anda menjadi user friendly dengan memiliki navigasi dan intruksi-instruksi yang jelas dan memudahkan pengunjung. Selain itu, pastikan juga website yang dibangun bersifat responsive, yakni berarti website anda mampu tampil dengan sempurna di berbagai perangkat yang diakses oleh pengunjung terutama perangkat mobile. Jangan pernah sekalipun meremehkan tips merancang website company profile yang satu ini.

Baca juga: Kriteria Desain Website yang Baik Bagi Pengunjung.

4. Membuat Halaman Perusahaan yang Informatif

Untuk menarik minat pengunjung website agar semakin terhubung dengan anda, maka langkah yang paling tepat dengan menceritakan mengenai perusahaan anda kepada khalayak umum. Anda bisa memberikan informasi seputar kelebihan merek anda dibandingkan merek lain pada halaman tersebut. Anda juga dapat menceritakan pencapaian-pencapain bisnis anda agar pengunjung merasa lebih yakin untuk membeli produk anda, ataupun melakukan kerjasama dengan perusahaan anda. Begitu juga dengan halaman contact, buat lah halaman tersebut lebih interaktif. Tulis nomor telepon dan alamat perusahaan anda dengan jelas, menambahkan fitur chatting juga dapat membuat halaman tersebut terasa lebih intreaktif. Selain kedua halaman tersebut anda juga dapat menambahkan halaman FAQ ataupun kebijakan privasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca juga: 5 Halaman Penting Website Perusahaan yang Wajib Diketahui.

5. Mengintegrasikan Website Anda

Meskipun penggunaan website itu penting, namun ada banyak cara untuk membuat agar anda tetap terhubung dengan pelanggan. Hal ini juga akan memberikan dampak yang positif untuk meningkatkan jumlah pelanggan anda. Oleh sebab itu, sebaiknya website yang dibuat dapat terintegrasi secara baik dengan berbagai platform bisnis anda yang lainnya .Anda bisa menghubungkan alamat email dan media sosial pada website anda tersebut. Tak lupa jika anda memiliki akun di market place, halaman di Google Bisnis, itu pun dapat anda integrasikan dengan website company profile milik anda.

6. Mengupdate Konten Secara Berkala

Terakhir tak lupa kami tuliskan juga mengenai penyajian suatu konten atau artikel. Karena suatu website dapat dikatakan usang jika website tersebut tidak memiliki isi konten yang sesuai dengan perkembangan zaman. Bentuk lah suatu tim penulis yang mampu menulis sesuai dengan tema bisnis yang anda jalankan dan juga mengerti soal SEO. Selain baik di mata pengunjung, dengan terus mengupdate konten secara berkala, mesin pencari seperti Google pun akan lebih senang dengan website anda. Sehingga website anda mendapatkan ranking yang baik di mesin pencari. Dan itu akan berdampak kepada meningkatnya pengunjung organik yang mampir pada website anda. Jika sudah mampir, maka tidak menutup kemungkinan pengunjung tersebut bisa menjadi konsumen ataupun customer setia anda.

Baca juga: CiriĀ  Website Company Profile yang Baik Untuk Jangka Panjang.

Dengan menerapkan beberapa langkah merancang website company profile yang bagus yang telah disebutkan sebelumnya, maka website perusahaan anda akan terlihat lebih profesional dan kredibel. Sehingga pengunjung tidak akan ragu untuk membeli produk yang anda tawarkan ataupun untuk berpartner dengan perusahaan anda. Untuk itu jangan pernah membuat website company profile anda secara asal asalan, karena malah akan berdampak negatif untuk citra perusahaan anda. Intinya buatlah website company profile yang mampu mengangkat citra perusahaan serta mampu mendatangkan calon customer dan partner untuk bisnis anda

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top