Fitur-fitur Website Sekolah

Fitur-fitur Website Sekolah yang Wajib Dicantumkan

Dengan adanya website bagi sekolah dapat menjadi salah satu media promosi untuk mendapatkan calon siswa baru secara lebih luas.  Selain itu website sekolah juga terbukti mampu mendongkrak citra sekolah yang mungkin sebelumnya tidak diketahui masyarakat. Dalam membuat website sekolah bisa saja dilakukan sendiri dengan memakai domain yang umum. Sayangnya website sekolah yang gratis tidak memiliki fitur lengkap serta memiliki desain yang kurang menarik. Dan seringnya website gratisan tidak banyak memiliki fitur SEO (search engine optimization) yang terintegrasi dengan baik. Sehingga masih dibutuhkannya agency pembuatan website yang memang pandai dalam mendevelop website sekolah. Adapun fitur-fitur website sekolah yang wajib disematkan antara lain sebagai berikut.

Halaman Website Sekolah

1. Homepage

Homepage biasa disebut juga beranda ataupun halaman utama. Halaman utama yang dimaksud di sini adalah halaman muka yang pertama kali ditampilkan. Dengan adanya halaman utama yang baik, maka pengunjung dapat melihat dengan jelas apa saja yang tercantum pada website. Gunakan lah homepage ini dengan sebaik-baiknya, anda dapat menambahkan informasi penting di dalamnya. Selain itu anda dapat memberikan instruksi yang ringkas namun jelas, supaya pengunjung dapat mengambil langkah selanjutnya melalui instruksi yang diberikan. Pada halaman utama ini sebaiknya didesain semenarik mungkin, sehingga pengunjung lebih tertarik dan betah berada di dalam website.

2. Halaman Profile Sekolah

Halaman profil sekolah menjadi salah satu fitur yang sangat penting untuk disematkan dalam website sekolah. Fitur ini berisi semua informasi mengenai sekolah secara lengkap, mulai dari sejarah berdirinya sekolah hingga pencapaian-pencapaian yang sudah sekolah raih. Tuliskan juga point-point penting yang menjadi program unggulan sekolah anda. Sematkan juga alamat yang lengkap, jika perlu integrasikan juga dengan google maps, agar pengunjung yang ingin datang mendapat kemudahan. Tak lupa pasang contact dengan penempatan yang jelas, gunakan call to action agar pengunjung bisa menghubungi sekolah anda hanya dengan sekali klik.

Baca juga: Kriteria Desain Website yang Baik Bagi Pengunjung.

3. Halaman Staff Pengajar

Fitur-fitur website sekolah selanjutnya yang wajib ada yaitu informasi staff pengajar. Fitur yang satu ini berisi tentang informasi seputar pengajar di sekolah berikut jabatannya, mulai dari kepala sekolah hingga staf-staff tata usaha. Sebaiknya semua pegawai yang bekerja di sekolah pun dicantumkan tanpa terkecuali, bahkan hingga pembantu umum. Dengan adanya informasi yang jelas mengenai staff pengajar ataupun pegawai-pegawai yang ada di sekolah, orang tua yang sedang mencari sekolah terbaik untuk anaknya tak ragu untuk menjatuhkan pilihannya kepada sekolah anda. Cantumkan juga sertifikat-sertifikat yang dimiliki oleh staff pengajar anda, sehingga pengunjung yang melihat merasa lebih diyakinkan dengan kualitas pendidikan di sekolah anda.

4. Halaman Siswa

Halaman siswa memuat tentang data siswa yang menempuh pendidikan di sekolah tersebut setiap angkatan. Dengan demikian, fitur ini harus terus diperbaharui, karena akan selalu ada tambahan siswa baru dalam setiap tahunnya. Selain memasukkan nama para siswa, anda juga dapat mencantumkan kelas yang diikuti oleh para siswa tersebut. Melalui informasi yang lengkap, maka sekolah anda terlihat lebih profesional. Hal ini akan berdampak pada keyakinan pengunjung akan kualitas sekolah anda.

5. Form Pendaftaran

Formulir pendaftaran online tentunya diperlukan untuk menjaring calon siswa secara lebih luas lagi. Pengunjung yang datang ke website sekolah biasanya adalah orang tua yang sedang mencari sekolah terbaik untuk anaknya. Atau juga si calon siswa itu sendiri, misal lulusan SMP yang sedang ingin mendaftar ke SMA. Untuk itulah diperlukannya formulir pendaftaran, jangan sampai pengunjung yang sudah datang meninggalkan website begitu saja. Jika pengunjung sudah mengisi form pendaftaran, maka selanjutnya pihak sekolah dapat melakukan follow up sampai batas waktu yang ditentukan.

6. Fitur E-Learning

Fitur yang satu ini sifatnya opsional, hanya bagi sekolah tertentu yang mengajarkan para siswanya dalam bentuk online. Di sini kita dapat membuat perpustakaan online. Misalnya pihak sekolah dapat mengupload materi berupa e-book yang dapat di download oleh para siswa sesuai dengan mata pelajaran dan tingkatannya. Tak hanya e-book, pihak guru pun dapat mengupload materi berupa video ataupun dapat mengintegrasikannya dengan chanel Youtube milik sekolah.

7. Halaman Alumni

Halaman alumni tak kalah penting dari fitur-fitur lainnya, buatlah halaman ini layaknya halaman testimoni pada website e-commerce. Dari sekian banyak alumni, pasti lah diantara mereka banyak yang menjadi orang-orang sukses. Nah untuk itulah sepatah dua patah kata yang keluar dari mulut mereka sangatlah penting. Ini menandakan bahwa sekolah anda mampu mencetak orang-orang besar yang mampu bersaing dalam persaingan global. Atau jika sekolah anda berada dalam tingkatan SMA, testimoni dari para alumni yang bisa berkuliah di universitas negeri dapat anda cantumkan. Apalagi jika ada alumni yang melanjutkan kuliahnya di universitas tersohor di luar negeri.

8. Blog

Anda jangan menyepelekan fitur yang satu ini. Dengan adanya fitur blog pihak sekolah dapat memposting informasi-informasi penting tentang sekolah secara berkala. Blog juga dapat menjadi media untuk sekolah mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah, entah itu kegiatan intra maupun kegiatan ekstrakulikuler. Pastinya pihak sekolah harus mempunyai tim penulis yang bisa membuat fitur blog ini menjadi lebih berguna. Dengan rutin memposting kegiatan sekolah, hal ini dapat berdampak pada lebih percayanya pengunjung terhadap sekolah anda, karena sekolah anda selalu up to date.

Baca juga: Kenali Ciri Jasa Pembuatan Website yang Buruk.

Itulah fitur-fitur website sekolah yang selayaknya ada dalam website sekolah yang baik. Sisanya kita harus memperhatikan teknis website, seperti desain yang menarik, navigasi yang user friendly, responsive, dan memperhatikan kaidah SEO. Tak lupa bahwa website sekolah pun harus ditempatkan pada server yang baik. Jangan sampai website sekolah anda sering down dan lola alias loadingnya berat. Sangat disayangkan jika pengunjung yang sudah datang kemudian pergi begitu saja karena website anda sulit diakses.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top