Cara Menambahkan Produk di WooCommerce

Cara Menambahkan Produk di WooCommerce

Website menjadi salah satu media yang tepat untuk pemasaran secara online. Di WordPress sendiri, anda bisa menambahkan Plugin WooCommerce yang akan memudahkan anda untuk membuat produk maupun mengelompokkannya. Sehingga produk yang anda jual nantinya akan bisa dikelompokkan berdasarkan atribut, tag maupun kategori. Penasaran bagaimana cara menambahkan produk di WooCommerce? Berikut ini akan dikupas tahapan selengkapnya.

Berikut Langkah Langkah yang Perlu Anda Lakukan

1. Tambahkan Judul dan Deskripsi Detail Pada Produk

Menambahkan Produk di WooCommerce

Isi Judul dan Deskripsi Produk

Hal pertama yang perlu untuk anda lakukan adalah menulis judul produk pada kolom judul. Dengan tujuan agar nantinya produk tersebut bisa ditampilkan pada katalog toko online anda. Selanjutnya, buatlah deskripsi lebih mendetail tentang produk tersebut. Dengan memiliki deskripsi yang lengkap, akan membuat pelanggan merasa yakin untuk bertransaksi di toko anda.

2. Jangan Lupa, Tambahkan Pula Informasi Produk

Isi Harga Produk

Apabila dirasa deskripsi belum cukup, maka anda pun bisa menambahkan informasi produk. Anda dapat melengkapi kolom ini agar nantinya pelanggan bisa mendapatkan info mengenai barang yang mereka butuhkan. Ada beberapa cara menambahkan produk di WooCommerce pada tahapan informasi produk ini. Pertama, isilah Tab General dengan informasi umum, seperti Regular Price yang merupakan harga normal dari produk anda.

Isi Jumlah Stock dan Kode Barang

Isi Berat dan Dimensi Produk

Selanjutnya, masih di Tab yang sama, anda juga bisa menambahkan Sale Price apabila barang yang anda jual sedang diskon. Berlanjut ke Tab Inventory, pada kolom ini akan berisi tentang informasi mengenai ketersediaan produk. Masuk ke Tab Shipping, maka anda bisa memasukkan informasi terkait ukuran dan berat barang. Bertujuan untuk menghitung ongkos kirim pada produk.

Isi Produk Terkait

Tambahkan Atribut Ukuran Atau Warna

Tambahkan Catatan Pembelian

Isi Deskripsi Singkat Produk

Ada pula Tab Linked Product yang akan mengaitkan barang tersebut dengan produk yang serupa. Kemudian, isilah Tab Attributes yang akan menambahkan informasi tentang atribut yang tersedia, contohnya pada kaos yang memiliki ukuran S, M, L. Sedangkan Tab Advenced bertujuan untuk menambahkan Purchased Note. Terakhir, anda pun juga bisa mengisi Metabox Product Short Description untuk menampilkan deskripsi singkat pada daftar produk.

3. Menambah Kategori dan Tag di Dalam Produk

Tambahkan Kategori dan Tag WooCommerce

Tahap ketiga dalam cara menambahkan produk di WooCommerce adalah memasukkan kategori pada produk yang anda jual. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah untuk menemukan barang yang ingin mereka cari. Kemudian, apabila anda ingin menambah kategori baru, maka bisa klik + Add New Category. Jika anda ingin menambah Tag, maka anda bisa mengetiknya secara langsung dan klik Tambah.

4. Tambahkan Gambar Utama dan Galeri Pada Produk

Tambahkan Gambar dan Galeri Produk

Apa menariknya sebuah produk tanpa adanya gambar? Pada Plugin Woocommerce, maka anda pun bisa menambah gambar utama dengan klik metabox Product Image. Selanjutnya, pilih gambar yang anda inginkan dan klik Set Product Image. Lalu, bagi anda yang ingin menambahkan galeri foto, maka anda bisa memakai metabox Product Gallery. Kemudian, klik Add Product Gallery Images. Pilihlah beberapa foto produk yang ingin akan tampilkan.

5. Simpanlah Produk yang Telah Anda Buat

Preview dan Publish Produk

Selesai menambah produk, maka simpanlah dengan Simpan Konsep apabila anda ingin menyimpannya sebagai konsep terlebih dahulu. Akan tetapi, anda pun juga bisa langsung menerbitkannya dengan cara klik Terbitkan. Namun, apabila anda ingin melihatnya terlebih dahulu, maka pilihlah Pratinjau yang ada di pojok kanan atas. Cara menambahkan produk di WooCommerce ini tergolong sangat simpel dan mudah, sehingga anda pun bisa membuatnya sendiri.

Baca juga: Cara Membuat Postingan di WordPress dengan Classic Editor.

Dengan adanya plugin satu ini di WordPress, tentu saja akan menjadi angin segar bagi para pelaku usaha online. Hal tersebut dikarenakan, anda bisa menjual barang barang dengan lebih praktis. Selain itu, pembeli pun juga akan merasakan kemudahan akan hadirnya fitur satu ini. Sehingga, konsumen akan bisa mengetahui informasi dan harga mengenai produk yang mereka butuhkan lebih mendetail.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top