Cara Membuat Postingan di Wordpress

Cara Membuat Postingan di WordPress dengan Classic Editor

Meskipun saat ini WordPress telah menggunakan Guttenberg Editor, namun mengedit dengan Classic Editor masih banyak diminati. Karena, cara satu ini cukup mudah untuk digunakan dan tidak akan memperberat kinerja dari blog anda. Lalu, bagaimana cara membuat postingan di WordPress dengan menggunakan Classic Editor? Maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Tahapan Memposting dengan Menggunakan Classic Editor

1. Masuk ke Dashboard Terlebih Dahulu

Menambahkan Pos Baru

Untuk mulai membuat postingan di blog satu ini, maka anda bisa masuk ke dashboard WordPress terlebih dahulu. Kemudian, pilihlah menu Posts yang ada di sebelah kiri. Selanjutnya, akan terdapat tiga pilihan yakni Add New, Categories dan Tag. Anda bisa klik Add New untuk membuat postingan terbaru. Nantinya, anda akan diarahkan untuk menuju ke halaman Add New Post.

2. Mulai Membuat Tulisan

Membuat Artikel di Classic Editor

Hal pertama yang perlu untuk anda lakukan adalah dengan memasukkan judul pada kolom Add Title. Namun, anda pun juga bisa memulai untuk menuliskan konten postingan anda di WordPress terlebih dahulu pada kolom editor. Untuk mempercantik tulisan anda, maka situs satu ini juga telah memiliki beberapa Text Formatting. Diantaranya adalah text color, strikethrough, alignment, numbering, bold dan italic.

3. Tambahkan Media Untuk Menarik Pengunjung

Menambahkan Gambar di WordPress

Cara membuat postingan di WordPress tak akan lengkap apabila anda tak menambahkan media penunjang. Untuk itu, anda pun bisa melengkapinya dengan tambahan video, gambar maupun audio. Caranya sendiri yakni dengan klik tombol Add Media yang berada di atas Text Formatting. Nantinya, anda pun akan diarahkan untuk menuju ke halaman Add Media.

Mengupload Gambar di WordPress

Anda bisa mengunggah beberapa gambar, video dan audio yang diinginkan untuk postingan di WordPress ini. Lalu, pilihlah tombol Select File yang berfungsi untuk menggugah gambar ke halaman. Disini, anda pun juga bisa untuk mengatur tempat dimana gambar akan diletakkan. Sehingga, nantinya akan bertujuan untuk mempercantik tampilan dari website anda.

Mengisi Teks ALT dan Judul Gambar

Lengkapi Attachment Details pada postingan gambar anda. Terdapat kolom Alt Text yang bisa anda isi ketika menargetkan keyword tertentu. Selanjutnya, isilah Title, Caption dan Description sesuai dengan keterangan gambar anda. Setelah semua dirasa selesai, maka klik Insert to Post. Sehingga gambar pun akan bisa ditampilkan pada postingan anda.

4. Menambah Kategori dan Tag

Menambahkan Kategori dan Tag

Tak berhenti sampai disitu saja, cara membuat postingan di WordPress ini juga bisa anda lakukan dengan menambah kategori. Dengan begitu, pengunjung akan lebih mudah untuk menemukan postingan berdasarkan kategori yang telah anda buat. Lalu, jika anda ingin postingan anda menjadi lebih spesifik, maka tambahkan Tags dan kemudian klik Add.

5. Edit Permalink dan Set Featured Image

Mengedit Permalink Pada Postingan

Cara Set Featured Images

Permalink atau URL yang dibuat oleh WordPress terkadang akan terlihat kurang menarik. Untuk itu, anda pun bisa mengubahnya melalui tombol Edit yang berada pada bawah kolom judul. Sebelum mempostingnya, maka anda bisa manambahkan gambar muka dari postingan anda agar terlihat lebih menarik. Caranya adalah dengan klik tautan Set Featured Image.

6. Saatnya Posting

Preview dan Publish Artikel

Setelah dirasa cukup, maka anda pun bisa memposting tulisan anda dengan cara klik Publish. Kolom satu ini bisa anda temukan di samping kanan kolom editor. Namun, bagi anda yang ingin menyimpannya sebagai draft, maka anda pun bisa klik Save Draft. Cara membuat postingan di WordPress dengan memakai Classic Editor ini memiliki tampilan yang simpel dan anda bisa membuatnya dengan mudah.

Itulah beberapa tahapan yang bisa anda lakukan ketika ingin memposting tulisan melalui WordPress. Bagi anda yang ingin melihat konten yang telah anda buat, maka sebelum menerbitkannya, anda pun bisa klik Preview terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah peletakan gambar dan paragraf yang anda buat telah sesuai dengan keinginan anda.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top